~ berbagi mengenai kehidupan ~

Kamis, 18 Agustus 2016

Seorang Mukmin Wajib Bersuci



sumber gambar: fikihislam.com

“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang tobat dan
menyukai orang yang menyucikan diri” ( Q.S. Al-Baqarah : 222 )





Lamankhatulistiwa@ Seperti tertera pada surah al baqarah ayat 222 di atas bahwa Allah menyukai orang yang menyucikan diri. Jika seseorang sudah disukai oleh Allah, maka hidupnya akan bahagia dunia dan akhirat. Untuk dapat disukai Allah secara terus-menerus, seseorang harus mencari cara, satu diantaranya adalah bersuci. Menyucikan diri dari najis, hadas besar, dan hadas kecil.

Bersuci merupakan hal yang sangat ringan, namun terkadang seseorang melupakannya. Jika seseorang lupa atau tidak bersuci, maka sia-sialah ibadah yang dilakukannya. Semisalnya sebelum shalat seseorang mukmin diwajibkan bersuci; berwudhu, tayamum, atau mandi. Maka itu seseorang diwajibkan untuk bersuci sehingga terhindar dari hadas dan najis.

Seseorang harus membersihkan diri sehingga suci, baik secara lahiriah maupun bhatiniah. Seseorang yang kotor lahiriahnya dapat membersihkan diri hingga tubuhnya bersih dari kotoran yang hilang rasa, bau, warna, dan wujudnya. Untuk membersihkan tubuh yang terkena kotoran dapat dibersihkan dengan dua benda, yaitu (1) benda padat yang bersih dan tak terpakai. (2) benda cair berupa air mutlak yaitu air suci dan menyucikan.

Penggolongan Najis;

1.  Najis Berat (Mughalazah), najis yang termasuk kategori ini adalah najis anjing dan babi.
2.  Najis sedang (Mutawassitah), najis yang termasuk kategori ini adalah najis air kencing yang sudah kering.
3.  Najis ringan (Mukhaffafah), najis yang termasuk ketegori ini adalah air kencing bayi yang berusia kurang dari dua tahun.

Masih banyak sesuatu yang termasuk najis namun tidak dicantumkan pada penggolongan najis di atas.

Pembaca setia lamankhatulistiwa, itulah hal dasar mengenai bersuci. Seseorang mukmin wajib untuk bersuci sehingga Allah menyukainya. Pahami lagi benda apa yang kita gunakan untuk  bersuci dan kategorikan najis dan hadas yang mengenai tubuh kita. (ZN)

Baca Juga : Tiga Jenis Najis yang Wajib Mukmin Ketahui
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Khatulistiwaku | Powered by Blogger
Design by khatulistiwa | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com